”DARAH UNGU” Dalam peringatan Harlah LPM STIKES ICSADA Bojonegoro yang ke-2

Selain meningkatkan rasa kekeluargaan, peringatan Harlah LPM (Lembaga Pers Mahasiswa) ke-2 yang jatuh pada tanggal 28 Februari 2016 juga ingin meningkatkan kreatifitas mahasiswa. Lomba artikel juga diadakan guna melanggengkan idealisme menulis.

pemotongan_tumpeng

Pemotongan tumpeng oleh Ketua STIKES ICSADA Bojonegoro

Bagaimana jadinya jika mahasiswa kesehatan tidak hanya pandai dalam bidang injeksi ataupun merawat pasien? namun juga cakap dalam bidang jurnalistik? hal inilah yang membuat para mahasiswa kesehatan di kampus STIKES ICSADA Bojonegoro atau yang sekarang lebih terkenal dengan sebutan kampus ungu, menjadi berbeda dari mahasiswa kesehatan lainnya,khususnya di daerah Bojonegoro dan sekitarnya. Kampus Stikes Icsada Bojonegoro memiliki organisasi yang bergerak dibidang pers atau media mahasiswa. Organisasi ini di sebut dengan LPM (Lembaga Pers Mahasiswa).
Minggu, 28 Februari pagi ini, kampus ungu menggelar acara peringatan Harlah LPM ke 2 yang diadakan di ruang Jean Watson kampus STIKES ICSADA Bojonegoro. Acara ini di mulai pada pukul 10.00 WIB hingga pukul 12.30 WIB. Disusul dengan lomba penulisan artikel dengan tema “Menggagas desain budaya lokal sebagai media belajar berkaitan dengan perubahan moral dan perkembangan psikologis anak” yang dimulai pada hari ini serta akan di umumkan pemenangnya pada acara Workshop yang akan di adakan pada tanggal 16 Maret 2016 mendatang. Peringatan Harlah LPM ke 2 ini di hadiri oleh Ketua STIKES ICSADA Bojonegoro, Bpk. Hasan Bisri, SE.MSA, Pembina LPM Bpk. Muhammad Abdul Qohar, S.sos.I MSI, kemudian Galuh Bakti Prayoga selaku presiden BEM, perwakilan DLM, perwakilan dewan redaksi, perwakilan ukm Ibnu Zurh serta para anggota LPM baik dari generasi pertama sampai ke tiga.
Ila Munifatuzzahro’, selaku ketua pelaksana dalam peringatan harlah LPM 2 ini mengaku bahwa para panitia, khususnya seluruh anggota LPM 2 ingin memberikan warna baru mengenai lomba yang diadakan. Sebab lomba penulisan artikel ini berbeda dengan lomba pada tahun lalu yang mengusung lomba karikatur, fotografi dan juga cerpen. Peringatan harlah ini disiapkan sekitar 3 hari yang lalu dengan harapan dapat berjalan sesuai harapan dan mendapat antusiasme tinggi.
Acara berlangsung lancar dan penuh makna karena adanya pemotongan tumpeng sebagai bentuk simbolis rasa syukur dan kekeluargaan yang terus di bangun. Pemotongan tumpeng dilakukan oleh ketua STIKES ICSADA Bojonegoro untuk di berikan kepada Narisma Yulia Wardani selaku pimpinan umum LPM 2.
Meskipun terkesan sederhana, acara ini juga bertujuan untuk mengingat kembali sejarah berdirinya organisasi LPM di kampus ungu yang baru berusia 6 tahun ini. Berawal dari rasa kekeluargaan yang tinggi serta semangat para mahasiswa dalam menulis khususnya untuk anggota LPM pertama yang dipimpin oleh Fatimatus Zahro yang saat ini menempuh semester 6 prodi S1 Keperawatan. Berkat ke solitan dan kekompakan LPM generasi 1 inilah, kampus ungu telah berhasil menerbitkan 5 majalah yang di sebut MAGIC. Satu diantaranya merupakan hasil kerja dari LPM generasi ke ke 2.
Karena alasan inilah, dalam sambutan singkatnya tadi, Bpk. Muhammad Abdul Qohar,S.sos.I MSI menekankan bahwa dalam suatu organisasi, tidak ada yang namanya teman. Semuanya adalah keluarga. Ketika ada salah satu keluarga yang memiliki kekurangan, maka anggota keluarga yang lain akan menutupi kekurangan tersebut.Seperti yang terlihat pada pagi hari ini, kerumunan mahasiwa dengan almamater ungu saling bercanda dan berkompetisi untuk menjadi lebih baik. Hari ini merupakan langkah awal bagi mereka untuk membuktikan kualitas yang mereka miliki. Sebab dimanapun mereka berada, mereka harus mampu “menjual diri”. Mahasiswa harus memiliki skill yang bisa dijual untuk kepentingan masyarakat. Dalam sambutan lainnya oleh Ketua STIKES ICSADA Bojonegoro, Bpk. Hasan Bisri SE.MSA menyampaikan rasa bangganya terhadap para mahasiswa LPM yang mampu memberikan warna baru dalam dunia kesehatan. Beliau berharap LPM mampu menjadikan kampus ungu mencapai misi dan visi untuk menjadi kampus yang unggul di tingkat regional pada tahun 2019 dan mampu mencetak generasi-generasi yang mempunyai nilai plus dibanding kampus kesehatan lainnya.
LPM diharapkan mampu menjadi organisasi andalan yang bersaing tidak hanya dilingkungan internal namun juga lingkuan eksternal kampus. Mengingat prestasi-prestasi yang di dapat oleh sebagian besar anggota LPM seperti program PKM maupun PMW yang mayoritas dimenangkan oleh anggota LPM membuktikan bahwa LPM memang pantas untuk di banggakan dan di kembangkan agar memiliki mutu yang bagus baik dari segi akademik maupun wawasan jurnalistik.
Dari peringatan harlah pertama sampai ke dua ini, bahkan sampai akan memasuki tahun ke 3 perekrutan anggota LPM, rasa yang harus terus ditekankan ialah rasa kekeluagaan. Sebab tidak mudah mengaplikasikan program kerja maupun visi yang ingin dicapai mengingat banyaknya karakter para anggota yang mungkin memiliki sudut pandang berbeda, hal ini juga menjadi salah satu kendala atau kekurangan dalam memajukan LPM selanjutnya, namun dengan optimis pembina LPM mengungkapkan,” kekurangan tersebut bukanlah menjadi masalah besar. Kunci dari menulis adalah dari hati. Selama anak-anak masih memiliki rasa semangat dalam menulis, tidak lelah belajar dan sering membaca, maka simbol kreativitas anak-anak tidak akan hilang. Semua anak memiliki karakter yang berbeda, dan leader atau pemimpinpun memiliki ciri khas masing-masing. Ada kalanya mereka menunjukkan sifat manja bahkan mengeluh. Namun kedepannya, LPM harus lebih mandiri dan meningkatkan bobot atau mutu penulisan. Dan semua itu membutuhkan proses yang dimulai dari sekarang.” Jelas pak Koko, begitu sapaan beliau ketika ditemui tengah duduk santai seusai acara.
Pada intinya, LPM akan terus berusaha memberikan warna baru dalam bidang jurnalistik yang di naungi kampus kecil bermimpi besar, STIKES ICSADA Bojonegoro. Di harlah yang ke 2 ini merupakan langkah awal bagi LPM untuk meningkatkan mutu dan kualitas dalam menulis sehingga dapat mencetak generasi-generasi yang kreatif, mandiri dan berwawasan luas. Semangat ungu yang terus melaju dalam darah seluruh anggota LPM akan terus berproses menjadi lebih baik lagi. Dirgahayu LPM kampus ungu yang ke 2!
Tags: , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*