Penyuluhan Cuci Tangan Bersama Murid TK Nurul Huda Boncong Oleh Kampus Ungu

 

stikesicsada.ac.id – Cuci tangan menjadi salah satu kegiatan yang sudah rutin dilakukan oleh semua kalangan masyarakat. Mencuci tangan menggunakan sabun termasuk cara yang paling mudah, efektif, dan terjangkau dalam pencegahan terhadap penyakit. “Tangan adalah anggota tubuh yang menjadi garda depan pintu masuknya kuman kuman penyakit. Maka dari itu kita harus benar-benar menjaga kebersihan, dengan melakukan aturan cuci tangan yang benar”, demikian jelas salah satu mahasiswa kampus ungu atau Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Insan Cendekia Husada Bojonegoro (STIKes ICsada) prodi S1 Kperawatan. Hal tersebut dikatakanya saat sosialisasi dan penyuluhan kesehatan tentang gerakan Cuci Tangan Pakai Sabun, dilaksanakan di sebuah Taman Kanak – Kanak Nurul Huda Boncong Desa Boncong Kecamatan bancar Kabupaten Tuban, Senin (29/19).

Di hadapan anak-anak, para mahasiswa menerangkan tentang pentingnya cuci tangan sebelum makan dan menerapkan hidup bersih sejak dini, dan mengajarkan bagaimana cara mencuci tangan dengan sabun yang benar. Masa anak-anak merupakan masa yang tepat untuk menumbuhkan perilaku hidup bersih dan sehat. Pada masa ini, anak-anak akan mudah menerima hal-hal baru serta tertarik untuk menirukan dan mempraktikannya. Anak-anak perlu diperkenalkan dengan perilaku hidup bersih dan sehat yang sederhana dan yang dapat mereka lakukan, seperti mencuci tangan dengan sabun dan menjaga kebersihan. Dibantu petugas dari Puskesmas dia mencontohkan gerakan tangan yang benar kepada para pelajar.

Kegiatan ini sendiri bertujuan meningkatkan perilaku hidup sehat, mencegah timbulnya penyakit, sekaligus menurunkan tingkat kematian balita dan anak-anak. “Oleh karena itu, saya merasa sangat bangga dengan hadirnya kalangan pelajar dan para pendidik pada kegiatan ini, yang tentunya akan dapat berperan aktif dalam mensukseskan gerakan cuci tangan pakai sabun”, ujar salah satu guru TK Nurul Huda.

Tags: , , , , , ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*
*